• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Obyek Wisata Karimunjawa

 on Senin, 12 Oktober 2015  

Obyek Wisata Karimunjawa Jepara

Wisata Karimunjawa
Obyek Wisata Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata yang populer hingga ke mancanegara, yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Kepulauan Karimunjawa yang terdisi dari 27 pulau-pulau kecil menawarkan keindahan bahari yang sangat mempesona dengan sejumlah kegiatan wisata yang memikat. Secara administratif, kawasan wisata Karimunjawa adalah bagian dari wilayah Kabupaten Jepara di Jawa Tengah. Letak Karimunjawa tidak jauh dari kota Jepara, hanya berjarak sekitaar 83km di arah barat laut dari pusat kota. Saat ini, Karimunjawa telah menjadi cagar alam laut yang dilindungi di Indonesia dan lebih di kenal sebagai Taman Nasional Karimunjawa.
Nama Karimunjawa diberikan oleh Syekh Amir Hasan yang merupakan putra Sunan Muria dan juga murid dari Sunan Kudus. Karena Nakal, putra dan murid dari penyebar agama islam di Jawa itu kemudian dibuang ke kepulauan yang jika dari kejauhan hanya terlihat Kerimun-kerimun (samar-samar). Inilah sebabnya mengapa kepulauan ini kemudian dinamakan sebagai Karimunjawa. Dari keseluruhan pulau yang ada di kepulauan Karimunjawa terdapat lima pulau yang berpenghuni, sementara sisinya masih kosong. Kawasan wisata Karimunjawa memiliki sebanyak 90 jenis karanglaut, lebih dari 240 jenis ikan, serta 133 generaakuatik. Karimunjawa memiliki luar area sebesar 107.255 ha. Tak hanya satwa laut, beberapa satwa daratpun akan anda temui, seperti Kera, Rusa, Penyu, dan berbagai jenis Burung. Hal ini karena topografi wilayahnya tidak hanya didominasi oleh pantai semata, tetapi juga hutan mangrove dan hutan pantai.

Kegitan di Karimunjawa

Banyak kegiatan wisata yang menarik yang dapat anda nikmati di pulau Karimunjawa. Sungguh, anda membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat memuaskan diri dengan menjelajahi berbagai pesona disana. Jika anda memiliki waktu libur yang tidak banya, ada beberapa kegiatan yang patut anda coba di Karimunjawa.

1.Bermain dengan Hiu
Bermain dengan Hiu
Bermain dengan Hiu

Di kawasan wisata Karimunjawa ini anda bisa mendapatkan pengalaman yang sensasional dengan berenang dan bermain dengan ikan Hiu. Jenis ikan Hiu adalah blacktip reef shark, hiu yang suka dengan perairan dangkal berpasir, yang dapat anda temui ketika berenang atau snorkeling di pulau Menjangan Besar. Spesies hiu ini sungguh jinak dan tidak menyerang manusia. Ukuran panjang tubuh hiu hanya sekitar 1,6 meter. Anda tidak perlu merasa takut. Tetapi jika rasa khawatir anda masih tak berkurang, cobalah rasakan sensasi berenang dengan hiu-hiu yang lebih kecil di penangkarannya.

2.Snorkeling
Snorkeling di Karimunjawa
Snorkeling di Karimunjawa

Anda tidak akan pernah kehabisan spot-spot snorkeling jika datang ke kepulauan ini. Banyak spot snorkeling yang menarik yang tersebar di berbagai penjuru wisata Karimunjawa. Spot-spot favorit untuk snorkeling, antara lain di Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, Pantai Tanjung Gelam, dan Pulau Cemara Besar. Semuanya memiliki view yang sama, pantai berpasir putih dengan air laut yang bewarna turqoise bening. Untuk anda yang suka dengan pemandanngan terumbu karang dan ikan hias yang cantik sebaiknya anda mengunjungi Pulau Menjangan Kecil. Tetapi karena kedalaman laut yang dangkal, tak jarang wisatawan melakukan snorkeling disana.

3.Daratan Berpasir
Daratan Berpasir di Karimunjawa
Gosong atau Daratan Berpasir

Daratan berpasir yang menyembul ke permukaan laut ketika air sedang surut saat pagi hari atau yang lebih dikenal dengan Gosong. Di kawasan wisata Karimunjawa, anda akan mudah menemukan banyak gosong, tetapi gosong paling favorit adalah gosong Cemara yang terletak di timur Pulau Cemara  Gede. Spot gosong ini juga memungkinkan anda untuk bersnorkel ria menikmati pemandangan terumbu karang yang asri, atau jika beruntung akan menjunmpai penyu serta biota laut menarik lainnya.

4.Diving di Bangkai Kapal Karam
Diving di Bangkai Kapal Karam
Diving di Bangkai Kapal Karam

Berlibur ke Pulau yang dijuluki Carribean of Java ini tidak akan lengkap apabila anda tidak mencoba kegiatan diving di kedalaman lautnya. Tidak akan sia-sia jika anda mempersiapkan lisensi diving anda untuk menjelajahi lebih dalam surga bawah laut Karimunjawa yang sangat mempesona. Di Karimunjawa,anda akan menemukan pengalaman diving yang menakjubkan di dekat bangkai-bangkai kapal karam. Spot bangkai kapal karam ini tidak hanya satu, tetapi berjumlah banyak, sebut saja misalnya Karang Kapal, Bangkai Kapal Penisi, Bangkai Kapal Indonoor, serta yang paling terkenal adalah Bangkai Kapal Biblis yang memiliki baling-baling dari perunggu berhias soft coral nan indah,

5.Penginapan Terapung
Penginapan Terapung Wisma Apung Jaya
Penginapan Terapung Wisma Apung Jaya

Ini adalah tempat penginapan yang tidak biasa. Anda dapat bersantai sambil tinggal di penginapan yang mengapung. Di kawasan Karimunjawa, anda dapat mencoba tinggal di Kura-kura resort atau wisma Apung untuk merasakan sensasi menginap di tengah lautan.

Rute Perjalanan ke tempat wisata Karimunjawa

Cara yang paling banyak diminati untuk menuju ke Karimunjawa adalah melalui jalur laut. Dengan kapal Bahari Express, Anda akan mencapai Karimunjawa dalam waktu sekitar 2 jam dari pelabuhan Kartini di Jepara. Jika memilih menggunakan kapal moto cepat Kartini, anda akan sampai dalam waktu 4jam. Sementara itu, menggunakan kapal motor Muria memerlukan waktu tempuh hingga 6 jam untuk mencapai pelabuhan Karimunjawa. Anda juga dapat memanfaatkan transportasi udara untuk mencapai lokasi Karimunjawa. Dari Bandara Ahmad Yani Semarang, anda bisa memesan tiket penerbangan dari maskapai Wings Air, Merpati Airlines, atau Sky Avation. Selanjutnya, Anda akan sampai di Bandara Dewandari yang terletak di Pulau Kemujan, Karimunjawa. Dari sana, Anda selanjutnya tinggal menaiki kapal motor untuk pergi ke pulau-pulai wisata Karimunjawa lainnya.

Obyek Wisata Karimunjawa 4.5 5 Alam Indonesia Senin, 12 Oktober 2015 Obyek Wisata Karimunjawa Jepara Obyek Wisata Karimunjawa  adalah salah satu tempat wisata yang populer hingga ke mancanegara, yang terl...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme